1.    Bidang Pengembangan Partisipan
Fungsi ini direalisasikan melalui program-program yang beraras pada penguatan dan pemberdayaan partisipan baik secara internal kelembagaan/manajemen, maupun peningkatan keterampilan pekerja LPK bagi kepentingan pelayanan di bidang masing-masing.

2.    Bidang Manajemen Informasi.
Sebagai sebuah jaringan kerja, aspek informasi dan komunikasi menjadi sangat penting    dan memegang peranan yang sangat sentral. Dengan segala keterbatasannya JKLPK tetap dituntut untuk mampu memfasilitasi semua partisipannya baik yang ada di perkotaan maupun pelosok Indonesia yang sering kali memiliki keterbatasan akses informasi. Di bidang ini program-program yang sudah dilaksanakan antara lain penerbitan Warta Jaringan secara berkala, pelatihan jurnalistik, deseminasi informasi aktual via email, penerbitan buku dan info khusus serta kegiatan dokumentasi.

3.    Bidang Pengembangan Jaringan dan Bantuan Advokasi
Disadari bahwa fungsi JKLPK tidaklah berhenti pada aspek penguatan internal, namun sebagai payung LPK-LPK tingkat nasional, jaringan ini perlu dan dipandang memiliki nilai strategis untuk menyuarakan aspirasi dan sikap politis LPK. Oleh karena itu pemberdayaan dan keikutsertaan jaringan dalam segala bentuk solidaritas dan aksi advokasi untuk kepentingan penegakkan HAM dan demokratisasi mendapatkan titik berat dalam fungsi strategis JKLPK. Selain itu peningkatan akses bagi pengembangan jaringan baik dalam maupun luar negeri juga merupakan salah satu tugas yang diemban JKLPK.

4.    Bidang Penguatan Regional
Sebagai lembaga jaringan yang tediri dari 12 region di Indonesia diupayakan agar semakin menguatnya sistem dan infrastruktur regional untuk menunjang dinamisasi dan kerja-kerja jaringan regional. Salah satu adalah dengan program-program untuk peningkatan kapasitas manajemen jaringan di regional agar lebih efektif dan berdaya guna. Memediasi proses regionalisasi untuk wilayah yang secara geografis sulit. Salah satu adalah rencana pemekaran regional yang rencana tahun ini adalah :  Sumatera (Sumatera Bagian Utara & Sumatera Bagian Selatan); Sulawesi (Suluttenggo & Sulselra)